Rabu, 24 Oktober 2012

Karakter dan Kepemimpinan


"Kebanyakan orang mengatakan
intelektualitaslah yang membuat
seorang ilmuwan  hebat. Mereka salah,
yang membuatnya hebat adalah karakter"
- Albert Einstein

Jenderal H. Norman Schwarzkopf pernah
mengatakan, "Kepemimpinan adalah
kombinasi yang sangat kuat dari
strategi dan karakter. Namun jika
harus memilih salah satunya, pilihlah
karakter."
Karakter dan kredibilitas selalu
berjalan bersama. Kepemimpinan tanpa
kredibilitas cepat atau lambat akan
hancur.

Lihat saja kepemimpinan yang
diguncang oleh skandal korupsi, sex
atau hak asasi manusia, seperti yang
terjadi pada mantan presiden Amerika,
Richard Nixon, Bill Clinton atau para
petinggi perusahaan Enron yang
memanipulasi data keuangannya.
Karakter membuat kita dipercaya dan
rasa percaya membuat kita bisa
memimpin.

 Seorang pemimpin tidak
pernah membuat komitmen kecuali ia
melaksanakannya dan ia benar-benar
melakukan segalanya untuk menunjukan
integritas, sekalipun hal itu tidak
nyaman baginya.
Seorang pemimpin berkarakter kuat
akan dipercayai banyak orang. Mereka
mempercayai kemampuan pemimpin
tersebut untuk mengeluarkan kemampuan
mereka yang tertahan.

Jika seorang pemimpin tidak memiliki
karakter yang kuat, ia tidak
mendapatkan respek dari pengikutnya.
Respek diperlukan bagi sebuah
kepemimpinan yang bertahan lama.
Seorang pemimpin memperoleh respek
dengan mengambil keputusan yang
berani dan mengakui  kesalahannya. Ia
juga lebih mendahulukan kepentingan
terbaik pengikut dan organisasi
dibandingkan kepentingan pribadinya.

Kepercayaan adalah dasar
kepemimpinan. Rusak kepercayaan,
berakhir pulalah sebuah kepemimpinan.

Selasa, 23 Oktober 2012

Jejaring Sosial


Di zaman modern ini sosial media sudah tidak asing lagi di dengar, begitu maraknya media-media jejaring sosial yang ada di internet. Siapa sih yang tidak tahu facebook, twitter, yahoo messenger, whatsapp dan lain-lain.  Bahkan Anak-anak yang masih sekolah di tingkat dasar  pun sudah akrab dengan dunia maya ini. Sekarang ini jejaring sosial bahkan sudah bisa terkoneksi langsung dengan ponsel-ponsel  yang mempermudah kita untuk mengaksesnya. Begitu gampangnya kan. Ponsel- ponsel smart yang sangat luar biasa sudah kita jumpai dimanapun kita berada. internet di dalam genggaman.

Perkembangan zaman memang begitu pesatnya, begitu canggihnya, hingga hanya dengan kita duduk di depan komputer saja kita bisa berkoneksi dengan orang-orang di belahan dunia manapun. Siang malam mulai tidak ada lagi perbedaan. Dunia maya memang memudahkan kita untuk berkoneksi atau bertukarkabar dengan orang-orang yang kita kenal, teman-teman kita, sahabat kita maupun keluarga kita, tetapi tidak selamanya media jejaring sosial memberikan kebaikan atau nilai positif kepada kita. Banyak orang-orang yang menyalahgunakan media sosial. Banyak juga orang yang kecanduan dengan dunia maya hingga melupakan dunia nyatanya. Hal seperti ini yang harus kita hindari. Bagaimana caranya itu tergantung dengan diri kita masing-masing,

Banyak sekali yang harus kita khawatirkan dengan media-media sosial seperti ini, terkadang jejaring sosial bisa menjadi andalan melampiaskan amarah kita melalui status-status yang kita buat dengan menyingung perasaan orang lain, membicarakan orang lain.atau menilai orang lain negatif hanya dengan melihat status-status yang dibuatnya. Apakah semua itu bermanfaat? Tentu tidak. Hal seperti ini hanya menimbulkan ke egoisan diri kita, ke mudharatan yang dilarang agama. Tidak bermanfaat dan jauh dari nilai positif .
Jejaring sosial sering kali digunakan untuk saling menyerang pendapat, perbedaan , ataupun semacamnya, yang akan menimbulkan kesalahpahaman sehingga akan bisa memperparah masalah atau keadaan yang seharusnya bisa di selesaikan dengan baik-baik atau dengan berbicara langsung tanpa melalui jejaring sosial.

Membicarakan hal negatif tentu tidak akan ada habisnya . pelajaran penting saja untuk kita semua, berhati-hatilah dalam berbicara, seperti semboyan yang sering kita dengar  ‘mulutmu harimaumu’ , maka sebaiknya kita memperhatikan apa yang kita ucap sebelum semuanya terlanjur terucap karena ucapan bisa membalikan keadaan itu kepada diri kita sendiri. Pergunakan lah tekhnologi yang sudah canggih ini dengan hal-hal yang positif.

Jumat, 19 Oktober 2012

Menjadi Sukses

Sebenarnya Rahasia Sukses tidak susah, asal Anda tahu apa yang harus dilakukan. Kita semua kepingin sukses -- entah itu ingin punya rumah bagus, pekerjaan bergaji tinggi, anak sehat dan cerdas... Yang membedakan orang sukses dengan pecundang adalah, kemauan yang keras untuk terus maju, walaupun telah berkali-kali jatuh. Dengan membina sikap mental positif dan manajemen waktu yang baik, Anda akan menyadari bahwa sebenarnya Anda bisa mencapai hal-hal yang selama ini hanya dalam mimpi. Tips-tips ini tidak akan membuat Anda jadi milyuner dalam semalam, atau jaminan rumah impian besok, tapi yang pasti akan membantu Anda membuat langkah besar ke depan dalam memenuhi harapan Anda. Berikut adalah 7 rahasia sederhana kesuksesan

1. Punya Tujuan yang Realistis
Memiliki cita-cita dan mau mengejarnya, sangat penting untuk sukses dalam bidang apa pun. Dengan menetapkan tujuan, Anda mengaktifkan diri untuk berkonsentrasi dan fokus dalam mencapai keberhasilan. Semakin realistis cita-cita Anda, semakin baik perasaan Anda ketika mencapai tujuan. Jika Anda tidak realistis, Anda akan merasa kecewa dan hilang semangat.
2. Tetap Fokus
Memang lebih mudah bicara daripada action, tapi fokus adalah salah satu kunci rahasia kesuksesan. Suatu saat Anda pasti terbentur masalah, tetapi Anda harus tetap maju walaupun hanya selangkah. Bila Anda fokus, semakin banyak hambatan, Anda akan semakin berusaha menyelesaikan tujuan yang Anda tetapkan sendiri.
3. Punya Sikap Positif
Ingat, bahwa Anda dapat melakukan apapun yang Anda ingin lakukan. Ada saatnya Anda mungkin merasa kepingin berhenti saja, tapi jangan menyerah dan terus mencoba. Dukungan keluarga dan teman-teman dapat membantu Anda untuk tetap berada di jalan yang benar, menuju kesuksesan.
4. Kerja Keras
Mungkin Anda sudah sering dengar ini, tapi tidak ada kesuksesan tanpa kerja keras. Kalau goal Anda terlalu mudah, Anda pasti sudah mencapainya bertahun-tahun yang lalu! Jadi Anda memang harus bekerja keras. Seandainya dalam perjalanan Anda mulai menjauh dari target dan kehilangan fokus, beristirahatlah sejenak, lupakan segala sesuatunya -- meditasi dapat membantu Anda rileks, merasa segar untuk kembali melanjutkan.
5. Jangan Menunda
Membiarkan pekerjaan hingga detik terakhir adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan. Banyak orang menunda sesuatu sampai hari berikutnya, lantas berpikir untuk melakukannya besok. Semakin sering menunda, semakin menupuk pekerjaan. Ini bisa menyebabkan Anda kehilangan inspirasi dan fokus untuk menyelesaikan tujuan Anda, akibatnya semua rencana meleset jauh.
6. Keluarga dan Teman
Dukungan orang-orang terdekat adalah salah satu dari rahasia keberhasilan yang harus Anda miliki. Mana enak sih melakukan semuanya sendirian? Memiliki keluarga dan teman-teman yang mendukung Anda sangat penting untuk setiap tujuan, tidak peduli seberapa besar atau kecil. Entah itu melihat wajah bangga anak Anda atau mendapat saran berharga dari sahabat Anda, teman dan keluarga dapat membantu memberikan sikap mental positif menuju kesuksesan
7. Manajemen Waktu
Tips terakhir sangat penting -- belajar cara mengelola waktu dengan benar, sehingga Anda bisa tetap bersenang-senang juga. Jika Anda hanya bekerja terus sampai lupa waktu berelaksasi, Anda akan sangat kelelahan sehingga cepat putus asa. Tetap fokus dan beristirahatlah yang cukup   
 
      

Sikap adalah Aset Terpenting

Sikap atau attitude Anda adalah
kendaraan untuk mencapai potensi Anda
sepenuhnya.

Robert Hall International, sebuah
perusahaan konsultan di San
Francisco, meminta para vice
president dan direktur-direktur
sumber daya manusia dari 100
perusahaan terbesar di Amerika untuk
menyebutkan satu alasan utama mereka
memecat seorang pekerja.

Jawabannya sangat menarik dan
menggarisbawahi sikap dalam dunia
bisnis:

  Tidak kompeten : 30%
  Ketidakmampuan bekerja sama
   dengan pekerja lain : 17%
  Ketidakjujuran atau berdusta : 12%
  Sikap negatif : 10%
  Kurang motivasi : 7%
  Kegagalan atau menolak mengikuti
    perintah : 7%
  Alasan lain-lain: 8%

Walaupun peringkat satu adalah
kompetensi, tetapi alasan terbanyak
adalah masalah sikap (tidak jujur,
negatif, kurang motivasi, dll).
Selain itu, The Carnegie Institute
menganalisis catatan 10.000 orang dan
menyimpulkan bahwa 15% kesuksesan
berkaitan dengan pelatihan teknis dan
85% selebihnya adalah masalah

kepribadian dan sikap.
Sikap kita menentukan apa yang kita
lihat dan bagaimana kita menangani
perasaan kita.

Menurut John C. Maxwell, dua faktor
ini sangat menentukan kesuksesan
kita. Karena itu, pastikan sikap Anda
menjadi aset terbesar Anda, bukan
kewajiban terbesar Anda.

Rabu, 17 Oktober 2012

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TEORI ORGANISASI


SEJARAH DAN PERKEMBANGAN TEORI ORGANISASI
Teori organisasi yang pernah ada dan berlaku.

Dalam pembahasan mengenai teori organisasi, mencakup masalah teori-teori organisasi yang pernah ada dan berlaku beserta sejarah dan perkembangannya hingga sekarang. Yaitu meliputi teori organisasi klasik, teori organisasi neoklasik dan teori organisasi modern.

 
à Teori Organisasi Klasik
Teori klasik (classical theory) kadang-kadang disebut juga teori tradisional, yang berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai dari tahun seribu delapan ratusan(abad 19) yang mendefinisikan organisasi sebagai struktur hubungan, kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan faktor-faktor lain yang terjadi bila orang-orang bekerja sama.
Dalam teori ini, organisasi secara umum digambarkan oleh para teoritisi klasik sebagai sangat tersentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas. Teori ini juga berkembang dalam tiga aliran yang dibangun atas dasar anggapan-anggapan yang sama dan mempunyai efek yang sama, yaitu :
a. Teori birokrasi : dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism.
b. Teori administrasi : dikembangkan atas dasar sumbangan Henry Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reiley dari Amerika.
c. Manajemen ilmiah : dikembangkan mulai tahun 1900 oleh Frederick Winslow Taylor.

à Teori Organisasi Neoklasik
Teori neoklasik secara sederhana dikenal sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation movement). Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Anggapan dasar teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya, atas dasar anggapan ini maka teori neoklasik mendefinisikan “suatu organisasi” sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama. Perkembangan teori neoklasik dimulai dengan inspirasi percobaan-percobaan yang dilakukan di Howthorne dan dari tulisan Huga Munsterberg.
Dalam hal pembagian kerja, teori neklasik telah mengemukaan perlunya hal-hal sebagai berikut:
a. Partiipasi, yaitu melibatkan setiap orang dalam proses pengambilan keputusan.
b. Perluasan kerja (job enlargement) sebagai kebalikan dari pola spesialisasi.
c. Manajemen bottom-up yang akan memberikan kesempatan kepada para yunior untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan manajemen puncak.

à Teori Organisasi Modern
Teori modern yang kadang – kadang disebut juga sebagai analisa system pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen. Teori modern melihat bahwa semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan an saling ketergantungan, yang di dalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system terbuka

SEJARAH  SINGKAT  TEORI  ORGANISASI

Ada banyak cara untuk berbicara tentang sejarah pengembangan bidangstudi yang disajikan. saya salah satu dari mereka dalam Bab 1. Gambar 1.1menunjukkan silsilah akademik yang mengidentifikasi ahli teori dari berbagaidisiplin ilmu yang memberikan kontribusi ide-ide ke perspektif interpretif simbolik modern dan postmodern, teori organisasi.
Dalam bab ini kita akanmembahas beberapa ide dari para pemikir ini berpengaruh. Sejarah ideologi iniakan membantu Anda memahami bagaimana masing-masing perspektif munculdalam teori organisasi, mendefinisikan kosa kata dan tema, dan logika yangmendukung berbagai teori yang akan Anda hadapi dalam bab berikutnya. sepertidalam sisa buku ini, saya akan menyajikan ide-ide ini lebih atau kurang dalam urutan kronologis pengaruh mereka pada teori organisasi sehingga Anda dapatmengalami sendiri dalam kontinuitas dan diskontinuitas dalam pemikiran darimana tiga perspektif dan lapangan muncul. 
Tapi ingat bahwa urutan munculnyaide-ide berkaitan dengan pengaruh mereka pada teori organisasi; cukup sering ide-ide ini dipengaruhi disiplin ilmu lain sebelum teoretisi organisasi menangkapangin dari mereka. Misalnya, tanggal dalam tanda kurung setelah nama teoretisiditampilkan pada bagian bawah Gambar 1.1 adalah tanggal publikasi, sedangkandi dalam kotak gambar menunjukkan kerangka waktu selama mana ide-ide inidimasukkan ke dalam bidang teori organisasi.Sebuah peringatan-ide-ide dalam bab ini berasal dari berbagai disiplinilmu yang sangat dan ada beberapa dari mereka.
 Jika Anda mulai merasakewalahan, cobalah membaca melalui sulit bahan yang paling cepat dan kemudianmembaca ulang setelah Anda selesai Bagian 11 dari - buku. Setelah Anda lebihakrab dengan konsep dan teori-teori yang berhubungan sejarah ini, Bab 2 haruslebih masuk akal untuk Anda. Tapi pastikan untuk membiasakan diri Andasekarang dengan istilah kunci disorot dalam teks karena mereka akan memberiAnda kosakata Anda akan perlu untuk mengatasi seluruh buku ini.Saya telah memilih ide-ide yang disajikan dalam bab ini berdasarkan penggunaan bersama mereka oleh teoretikus mewakili masing-masing perspektif. 
Dalam kebanyakan kasus, istilah lain mungkin telah dipilih dan Anda akan menemukan beberapa yang lain saat Anda bekerja melalui sisa buku. Ingat, istilah-istilah inilebih dari jargon, mereka adalah konsep-konsep dari teori organisasi yangterbentuk. Anda akan perlu untuk menguasai jumlah yang cukup dari merekasebelum Anda dapat mulai berteori, jadi jangan ketinggalan! Oh, dan jika Andamendapatkan kecanduan pada salah satu dari konsep atau teori disajikan di siniatau di tempat lain dalam buku ini, mencari bacaan tambahan di akhir setiap babyang akan membantu Anda di jalan untuk belajar lebih banyak tentang mereka.
Bagian pertama bab ini menyajikan sarjana yang karyanya membentuk prasejarahteori organisasi. Orang-orang ini disediakan lapangan-terutama perspektif modernis-dengan ide ide pendiriannya.
 Pada bagian ini saya akanmemperkenalkan Anda kepada beberapa sosiolog penting dan sarjana manajemen

klasik dan melacak cara ide-ide mereka hidup di dalam teori organisasi perusahaan saat ini. Pada bagian kedua saya akan hadir tiga dari moderniskontribusi paling penting untuk teori organisasi: teori sistem umum, sosio-teknisteori sistem dan teori kontingensi. Bagian ketiga akan mengarahkan perhatianAnda untuk ide-ide penting yang diambil dari penafsiran-perspektif simbolik:teori konstruksi sosial, teori berlakunya, dan refleksivitas. Berikut ini saya akanmenyajikan beberapa dari konsep-konsep postmodern diperdebatkan secara luassebagian besar telah menyusup teori organisasi termasuk game bahasa, narasi besar, kekuasaan / pengetahuan, wacana, decentering, dekonstruksi, differance,simulacra dan hiper-realitas. Ketika Anda membaca tentang varietas gagasan yang berbentuk organisasi teori dan perspektif nya, jangan lupa bahwa ketiga perspektif tidak hanya kepentingan akademik, mereka memiliki banyak aplikasi untuk mengatur dan mengelola, beberapa yang saya akan menunjukkan ketika kami pergi bersama untuk membantu Anda belajar untuk terhubung teori dan praktek.Kemudian, dalam Bab 9, 1 akan memperlakukan subjek teori dalam praktek

Jumat, 12 Oktober 2012

Cara Menjadi Lebih Cerdas

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana agar menjadi lebih pintar. Mereka ingin meningkatkan kekuatan daya otak mereka untuk membuat orang lain terkesan, seperti bos mereka (dengan harapan dapat promosi). Itu bagus dan  sebenarnya tidak sulit jika Anda tahu bagaimana untuk memulainya. Untungnya, ada banyak Cara Menjadi Lebih Cerdas.

1. Kurangi Menonton Televisi
Televisi adalah cara tercepat untuk membuat otak Anda menjadi lamban. Meskipun menyediakan berbagai pengetahuan untuk kita, tapi ada cara lain kok untuk mendapatkan informasi tersebut. Jangan salah paham, kami tidak mengatakan kalau Anda harus benar-benar menyingkirkan TV selamanya supaya pintar, kami hanya menyarankan agar mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk menonton.
2. Olahraga
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, olahraga juga membuat kita lebih cerdas. Anda lihat saja, berolahraga akan membuat Anda lebih produktif dan waspada. Anda akan memiliki energi dan konsentrasi yang lebih baik.
3. Membaca
Membaca adalah sarana untuk belajar. Alih-alih hanya membaca novel roman picisan dan majalah gosip, pertimbangkan juga untuk menghabiskan sedikit waktu membaca informasi yang lebih menantang. Pilih novel klasik, novel sastra atau buku tentang topik yang Anda sukai.
4. Tidur Cukup
Kita semua perlu istirahat lebih banyak. Tapi bukan berarti kita boleh kesiangan setiap pagi. Lebih baik Anda tidur sedikit lebih awal dari biasanya agar mendapatkan cukup istirahat. Tidur yang cukup akan membantu Anda berkonsentrasi dan menerima informasi lebih banyak sepanjang hari.

5. Merefleksikan Diri
Kita semua membutuhkan waktu untuk memproses semua pengalaman yang telah kita lalui. Dengan mengambil waktu sejenak setiap hari untuk merenungkan kejadian-kejadian terakhir dalam hidup akan membuat Anda lebih tanggap. Hal ini juga dapat membantu pikiran Anda lebih jernih dan tentunya, lebih cerdas.
6. Sekolah Lagi
Salah satu cara yang pasti untuk menjadi lebih cerdas adalah kembali ke sekolah. Apakah Anda ingin mendapatkan gelar S1? Atau menyelesaikan S3? Kembali lagi berkuliah bisa memberi Anda banyak pengetahuan.
7. Mengikuti Peristiwa Hangat
Mengikuti kejadian yang sedang berlangsung saat ini dan memahami hal-hal yang terjadi di dunia dan negara sendiri memberi Anda sesuatu untuk dibicarakan bila bertemu orang lain. Pahami betul-betul topik yang sedang hangat dibicarakan, bahkan jika Anda tidak setuju dengan pendapat orang lain mengenai topik tersebut, orang bisa melihat seberapa pintar diri Anda.

8. Perbanyak Kosakata
Kamus Indonesia memiliki 83.000 kata. Namun, kosakata yang kita tahu saat ini sangat terbatas. Untuk membangun kosakata dan belajar kata-kata baru Anda dapat melihat kata-kata dalam kamus, atau mulai menggunakan kalender kosakata yang memberikan kata baru setiap hari. Pelajari kata dan artinya, lalu coba untuk menggunakannya dengan benar dalam percakapan atau penulisan.
9. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat meningkatkan fungsi otak. Mengkonsumsi diet yang seimbang, jangan melewatkan waktu makan, dan membuat pilihan makanan yang tepat akan membantu Anda menjadi lebih cerdas dan lebih sehat.


Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang perlu kita lakukan untuk menjadi lebih cerdas. Membangun kecerdasan tidak hanya dengan menjejalkan sekelompok fakta trivia ke dalam otak Anda, tapi dengan meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi. Menurut Anda, apalagi hal-hal yang bisa Anda lakukan agar menjadi lebih cerdas?
  
     
 
  
 

 

Berbisnis di rumah

Bisnis rumahan mulai diminati oleh para ibu ibu rumah tangga yang ingin menghasilkan penghasilan sendiri tanpa mengandalkan penghasilan suami, mencari tambahan dengan berbisnis sendiri di rumah memang sangat menggiurkan , selain kita bisa bekerja dan mengurus rumah tangga tetapi kita juga bisa menghasilkan uang. salah satu bisnis yang diminati adalah bisnis jaringan internet. karena memang bisnis ini bisa dilakukan di rumah, tidak membutuhkan ruangan yang cukup besar, sangat efisien untuk para ibu ibu rumahan.

Menjadi seorang pengusaha rumahan bukanlah tugas yang mudah. Tapi memulai bisnis sendiri memungkinkan Anda untuk menciptakan karir bagi diri sendiri dan sekaligus menjadi orangtua. Jika Anda berpikir untuk berhenti bekerja, tapi tetap ingin meningkatkan penghasilan keluarga atau memiliki keinginan untuk mewujudkan ide brilian Anda, menjadi seorang pengusaha dari rumah sangat cocok untuk Anda.



1. Pilih dan Beli Nama Domain Untuk Bisnis Anda

Membeli nama domain adalah cara murah untuk membantu kemajuan bisnis Anda. Jika Anda menunggu sampai nama bisnis Anda dikenal masyarakat luas lalu baru mulai mencari nama domain yang cocok, mungkin sudah terlambat karena keburu diambil orang lain.

2. Menguji Layanan atau Produk Anda Dengan Riset Pasar

Tidak perlu menyewa sebuah perusahaan untuk melakukannya buat Anda. Kumpulkan bersama teman-teman Anda dan berbagi ide. Hubungi orang-orang yang berhubungan dengan industri Anda, baik melalui Facebook, Twitter atau LinkedIn, dan minta mereka untuk memberikan umpan balik pada ide Anda. Buat kelompok fokus dengan teman dan kenalan Anda untuk mencari tahu apakah mereka tertarik pada layanan atau produk Anda. Tidak ada cara yang lebih baik untuk mengetahui apa yang diinginkan pasar daripada terjun sendiri ke sana.

3. Sewa Desainer Grafis dan Web Designer

Orang-orang ini adalah teman-teman terbaik dalam membantu membangun bisnis Anda. Mereka menciptakan seni yang akan menggambarkan ide bisnis Anda. Apa yang mereka hasilkan akan memberikan pelanggan dan klien potensial sebuah ringkasan visual dari produk atau layanan Anda. Cari tahu desainer grafis yang melalui teman, atau melalui situs seperti Crowdspring.com. Tanyakan berapa biayanya, bagaimana mereka bekerja, dan yang paling penting, percaya kata hati Anda! Periksa portfolio mereka dan tanyakan pada diri sendiri apakah Anda benar-benar menyukainya. Jika Anda sampai harus berpikir dua kali, mendingan lupakan saja. Cari dan temukan seseorang yang benar-benar mengesankan Anda pada pandangan pertama, kemudian sewa orang itu!

4. Buat Jadwal

Sebagai ibu Rumah Tangga, jam kerja Anda kurang fleksibel dibandingkan pengusaha tradisional -- Anda tidak bisa bekerja tanpa sebuah jadwal. Perhitungkan kapan anak-anak tidur siang, pergi ke sekolah atau kegiatan setelah pulang sekolah. Cari tahu kapan Anda akan memiliki waktu solid untuk bekerja. Jika Anda tidak dapat bisa melakukan telepon bisnis setiap hari, jadwalkan semua panggilan telefon hanya satu atau dua hari dalam seminggu, sisanya bisa lewat email. Bila Anda membutuhkan waktu tenang untuk bekerja (mungkin Anda sedang membuat sebuah video online), tunggu sampai anak-anak tidur. Menjadwalkan waktu sehari-hari akan mengurangi stress Anda.

5. Hadiri Pertemuan/Acara yang Akan Membantu Meningkatkan Nama Bisnis Anda

Bertemu dengan pengusaha rumahan lain dapat mendukung dan membimbing Anda. Cari event penting di internet atau koran lokal. Semakin banyak Anda keluar dari rumah bertemu dengan sesama pengusaha, dengan atau tanpa anak-anak Anda, Anda akan semakin terinspirasi untuk mengejar gairah Anda.


Ada kalanya anak Anda menangis atau menjerit sewaktu Anda sedang menjawab telepon penting daru klien. It’s OK. Hal ini biasa terjadi bila Anda kerja dari rumah, dan biasanya orang di ujung telepon mengerti keadaan Anda. Ambil napas dalam-dalam, tanyakan apakah Anda dapat menghubungi orang itu kembali. Setelah itu tenangkan bayi Anda. Relaks aja, mom :)

Teori Organisasi


ORGANISASI DALAM KEHIDUPAN KITA.
1.    Pengertian Organisasi
Organisasi adalah susunan dan aturan dari berbagai-bagai bagian (orang dsb) sehingga merupakan kesatuan yang teratur. Organisasi adalah sistem sosial yang memiliki identitas kolektif yang tegas, daftar anggota yang terperinci, program kegiatan yang jelas, dan prosedur pergantian anggota. Biasanya organisasi Sekumpulan 2 orang atau Lebih yang disusun dalam kelompok yang bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.
Unsur-unsur Organisasi yaitu :
a. Orang-orang yang menjalankannya (Pelaku)
b. Teknik Pelaksanaan (Kerjasama)
c. Akhir dari Pelaksanaan (Tujuan)
Dalam pengertian umum organisasi adalah cara di mana sistem diatur sesuai dengan akronim terkenal yang digunakan dalam manajemen yaiu, PODCI yang diungkapkan Fayol, yaitu Perencanaan ("P" dari akronim), yang mencapai ke Organisasi ("O" , singkatan) dan dikembangkan untuk berbagai kategori "Com - rintah" dan / atau "perintah - dengan," menurut Fayol, memfasilitasi sehingga pencapaian beberapa tujuan organisasi, ruang lingkup akhir dari sebuah akhir yang objektif, yang merupakan inti dari organisasi. Pengorganisasian adalah cara yang dipilih untuk mengatur, membuang atau mengklasifikasikan semua benda, dokumen dan informasi serta akuntansi diperlukan untuk sebuah pengendalian. Menurut Montana (2003, hal. 170) adalah mengorganisir proses pengumpulan sumber daya fisik dan terutama manusia, yang penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Struktur organisasi direpresentasikan melalui struktur organisasi diagram alur, dan Akuntansi. Administrasi, organisasi selalu dan selalu dua pengertian

2.    CIRI-CIRI ORGANISASI:
§        Lembaga social yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
§        Dikembangkan untuk mencapai tujuan
§        Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun
Instrumen social yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat                                       diidentifikasi

1.           TEORI ORGANISASI KLASIK
Teori ini biasa disebut dengan “teori tradisional” atau disebut juga “teori mesin”. Berkembang mulai 1800-an (abad 19).  Dalam teori ini organisasi digambarkan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugasnnya terspesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatifitas.

Dalam teori ini organisasi digambarkan seperti toet piano dimana masing-masing nada mempunyai spesialisasi (do.. re.. mi.. fa.. so.. la.. si..) dimana apabila tiap nada dirangkai maka akan tercipta lagu yang indah begitu juga dengan organisasi.

Dikatakan teori mesin karena organisasi ini menganggab manusia bagaikan sebuah onderdil yang setiap saat bisa dipasang dan digonta-ganti sesuai kehendak pemimpin.
            Defisi Organisasi menurut Teori Klasik:

Organisasi merupakan struktur hubungan, kekuasaan-kejuasaan, tujuan-tujuan, peranan-peranan, kegiatan-kegiatan, komunikasi dan factor-faktor lain apabila orang bekerja sama.

Teori Organisasi klasik sepenuhnya menguraikan anatomi organisasi formal. Empat unsure pokok yang selalu muncul dalam organisasi formal:
a.      Sistem kegiatan yang terkoordinasi
b.      Kelompok orang
c.       Kerjasama
d.      Kekuasaan & Kepemimpinan
Sedangkan menurut penganut teori klasik suatu organisasi tergantung pada empat kondisi pokok: Kekuasaan) Saling melayani) Doktrin) Disiplin)
Sedangkan yang dijadikan tiang dasar penting dalam organisasi formal adalah:
a.      Pembagian kerja (untuk koordinasi)
b.      Proses Skalar & Fungsional (proses pertumbuhan vertical dan horizontal)
c.       Struktur (hubungan antar kegiatan)
d.      Rentang kendali (berapa banyak atasan bisa mengendalikan bawahan).

            Teori Klasik berkembang dalam 3 Aliran:
¨       BIROKRASI) Dikembangkan dari Ilmu Sosiologi
¨       ADMINISTRASI) Langsung dari praktek manajemen memusatkan Aspek Makro sebuah organisasi.
¨       MANAJEMEN ILMIAH)  Langsung dari praktek manajemen memusatkan Aspek Mikro sebuah organisasi.
Semua teori diatas dikembangkan sekitar tahun 1900-1950. Pelopor teori ini kebanyakan dari sebuah negara berbentuk kerajaan “Mesir, Cina & Romawi”.



TEORI BIROKRASI

Dikemukakan oleh “MAX WEBER” dalam buku “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism” dan “The Theory of Social and Economic Organization”.
Istilah BIROKRASI berasal dari kata LEGAL_RASIONAL:
“Legal” disebakan adanya wewenang dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas.  Sedangkan “Rasional”  karena adanya penetapan tujuan yang ingin dicapai.
Karekteristik-karekteristik birokrasi menurut Max Weber:
©       Pembagian kerja
©       Hirarki wewenang
©       Program  rasional
©       Sistem Prosedur
©       Sistem Aturan hak kewajiban
©       Hubungan antar pribadi yang bersifat impersonal


TEORI ADMINISTRASI

Teori ini dikembangkan oleh Henry Fayol, Lyndall Urwick dari Eropa  dan James D. Mooney, Allen Reily dari Amerika.

HENRY FAYOL (1841-1925): Seorang industrialis asal Perancis tahun 1916 menulis sebuah buku “Admistration industrtrielle et Generale” diterjemahkan dalam bahasa inggris 1926 dan baru dipublikasikan di amerika 1940.
14 Kaidah manjemen menurut Fayol yang menjadi dasar teori administrasi:
ª       Pembagian kerja
ª       Wewenang & tanggung jawab
ª       Disiplin
ª       Kesatuan perintah
ª       Kesatuan pengarahan
ª       Mendahulukan kepentingan umum
ª       Balas jasa
ª       Sentralisasi
ª       Rantai Skalar
ª       Aturan
ª       Keadilan
ª       Kelanggengan personalia
ª       Inisiatif
ª       Semangat korps

Fayol membagi kegiatan industri menjadi 6 kelompok:
§        Kegiatan Teknikal (Produksi, Manufaktur, Adaptasi)
§        Kegiatan Komersil (Pembelian, Penjualan, Pertukaran)
§        Kegiatan Financial (penggunaan optimum modal)
§        Kegiatan Keamanan
§        Kegiatan Akuntansi
§        Kegiatan Manajerial atau “FAYOL’s FUNCTIONALISM” yaitu:
a.      Perencanaan
b.      Pengorganisasian
c.       Pemberian perintah
d.      Pengkoordinasian
e.       Pengawasan

JAMES D. MOONEY & ALLEN REILLY :1931) Menerbitkan sebuah buku “ONWARD INDUSTRY” inti dari pendapat mereka adalah “koordinasi merupakan factor terpenting dalam perencanaan organisasi”. Tiga prinsip yang harus diterapkan dalam sebuah organisasi menurut mereka adalah:
a.      Prinsip Koordinasi
b.      Prinsip Skalar & Hirarkis
c.       Prinsip Fungsional


MANAJEMEN ILMIAH

Dikembangkan tahun 1900 oleh FREDERICK WINSLOW TAYLOR).  Definisi Manajemen Ilmiah:
“Penerapan metode ilmiah pada studi, analisa dan pemecahan masalah organisasi” atau “Seperangkat mekanisme untuk meningkatkan efesiensi kerja”.

F.W. TAYLOR menuangkan ide dalam tiga makalah: “Shop Management”, “The Principle Oif Scientific Management” dan “Testimony before the Special House Comitte”.  Dari tiga makalah tersebut lahir sebuah buku “Scientific Management”. 

Berkat jasa-jasa yang sampai sekarang konsepnya masih dipergunakan pada praktek manajemen modern maka F.W. TAYLOR dijuluki sebagai “BAPAK MANAJEMEN ILMIAH”.

Empat kaidah Manajemen menurut Frederick W. Taylor:
a.      Menggantikan metode kerja dalam praktek dengan metode atas dasar ilmu pengetahuan.
b.      Mengadakan seleksi, latihan dan pengembangan karyawan
c.       Pengembangan ilmu tentang kerja, seleksi, latihan dan pengembangan secara ilmiah perlu intregasikan.
d.      Perlu dikembangkan semangat dan mental karyawan untuk mencapai manfaat manajemen ilmiah






2.      TEORI NEOKLASIK
Aliran yang berikutnya muncul adalah aliran Neoklasik disebut juga dengan “Teori Hubungan manusiawi”. Teori ini muncul akibat ketidakpuasan dengan teori klasik dan teori merupakan penyempurnaan teori klasik. Teori ini menekankan pada  “pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu ataupun kelompok kerja”.

HUGO MUNSTERBERG

Salah tokoh neoklasik pencetus “Psikologi Industri”. Hugo menulis sebuah buku “Psychology and Industrial Effeciency” tahun 1913. Buku tersebut merupakan jembatan antara manajemen ilmiah dan neoklasik. Inti dari pandangan Hugo adalah menekankan adanya perbedaan karekteristik individu dalam organisasi dan mengingatkan adannya pengaruh factor social dan budaya terhadap organisasi.

Munculnya teori neoklasik diawali dengan inspirasi percobaan yang dilakukan di Pabrik Howthorne tahun 1924 milik perusahaan Western Elektric di Cicero yang disponsori oleh Lembaga Riset Nasional Amerika. Percobaan yang dilakukan ELTON MAYO seorang riset dari Western Electric menyimpulkan bahwa pentingnya memperhatikan insentif upah dan Kondisi kerja karyawan dipandang sebagai factor penting peningkatan produktifitas.

Dalam pembagian kerja  Neoklasik memandang perlunya:
a.      Partisipasi
b.      Perluasan kerja
c.       Manajemen bottom_up


3.      TEORI MODERN
Teori ini muncul pada tahun 1950 sebagai akibat ketidakpuasan dua teori sebelumnya yaitu klasik dan neoklasik. Teori Modern sering disebut dengan teori “Analiasa Sistem” atau “Teori Terbuka” yang memadukan antara teori klasik dan neokalsi. Teori Organisasi Modern melihat bahwa semua unsure organisasi sebagai satu kesatuan  yang saling bergantung dan tidak bisa dipisahkan. Organisasi bukan system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil akan tetapi organisasi merupakan system terbuka yang berkaitan dengan lingkunngan dan apabila ingin survivel atau dapat bertahan hidup maka ia harus bisa beradaptasi dengan lingkungan.

TEORI MODERN vs TEORI KLASIK
a.      Teori Klasik memusatkan pandangan pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan Teori Modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih menyeluruh.
b.      Teori Klasik membicarakan konsep koordinasi, scalar, dan vertical sedangkan Teori Modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, multidimensi dan banyak variable yang dipertimbangkan.


B. Penertian / Definisi Organisasi Informal dan Organisasi Formal
1. Organisasi Formal
Organisasi formal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang mengikatkan diri dengan suatu tujuan bersama secara sadar serta dengan hubungan kerja yang rasional. Contoh : Perseroan terbatas, Sekolah, Negara, dan lain sebagainya.
2. Organisasi Informal
Organisasi informal adalah kumpulan dari dua orang atau lebih yang telibat pada suatu aktifitas serta tujuan bersama yang tidak disadari. Contoh : Arisan ibu-ibu sekampung, belajar bersama anak-anak sd, kemping ke gunung pangrango rame-rame dengan teman, dan lain-lain.
Tambahan :
Situs ini bernama Organisasi.Org selain agar mudah diingat juga kami ingin menjadi organisasi yang solid untuk mencapai tujuan bersama yang berguna bagi nusa dan bangsa.



Sumber:
http://id.shvoong.com/business-management/human-resources/2293884-organisasi-adalah/#ixzz290TrVHU