Rabu, 20 Maret 2013

ANDROID

jika anda pencinta gadget mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah kata ANDROID. ya operasi sistem ini di gunakan di ponsel-ponsel canggih atau smartphone masa kini. berbagai aplikasi bisa digunakan di operasi ini. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh berbagai macam paranti bergerak, awalnya, google inc membeli android inc , paranti baru yang membuat paranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan android  dibentukalh Open Handset Alliance , konsorsium dari 34 perusahaan paranti keras paranti lunak dan telekomunikasi termasuk google , HTC , Intel , Motorolla, Qualcomm, T mobile dan Nvidia.

Jenis dan versi android OS:

  • Android versi 1.1 --> android memang diluncurkan pertama kali tahun 2007 , namun sistem operassi ini mulai dirilis dan diterapkan ke berbagai gadget pada tanggal 9 maret 2009 . Android versi 1.1 merupakan android versi awal dimana versi ini baru memberikan sentuhan di beeberapa aplikasinya, diantaranya yaitu sistem antar muka bagi pengguna ( user interface ) yang lebih baik , jam dan beberapa aplikassi lainnya.
  • Android versi 1.5 (cupcake ) --> hanya perlu waktu kurang dari 2 bulan  yaitu pada Mei 2009 android kembali mengalami perubahan versi. android versi 1.1 kemudian di sempurnakan dengan android 1.5 atau yang lebih dikenal sebagai android cupcake . perubahan yang terjadi pada sistem aplikassi android cupcake bisa dibilang cukup banyak. diantaranya adalah sistem fasilitas mengunggah video ke youtube , aplikasi headset nirkable blutooth , tampilan keyboard di layar serta tampilan gambar yang bergerak lebih atraktif.
  • Android versi 1.6 ( donut ) --> donut ( versi 1.6 ) di luncurkan dalam tempo kurang dari 4 bulan semenjak peluncuran perdana android cupcake yaitu pada bulan september 2009 android versi donut memiliki beberapa fitur yang lebih baik dibandingkan pendahulunya yakni mampu menayangkan indikator baterai pada ponsel, pengguna dapat memilih dan menentukan file yang akan dihapus, zoom-in zoo-out dengan membaca gerakan serta arah gerakan tangan ( gesture ) penggunaan koneksi CDMA/EVDO dan lain sebagainya.
  • Android versi 2.0/2.1 ( eclair ) --> masih di tahun yang sama android kembali merilis operating sistem terbarunya yaitu android versi 2.0/2.1 (eclair) . eclair diluncurkan oleh google 3 bulan setelah android versi 1.6 . dengan meluncurkan 4 versi ditahun yang sama akhirnya begitu banyak perusahaan pengembang gadget atau handset yang mulai tertarik untuk memakai dan mengembangkan android sebagai platform utama yang digunakan untuk handset-handset mereka . inilah dimana era kebangkitan andoid yang sempat mendoktrin penggunaan sistem layar yang awalnya dipandang kurang user friendly
  • Android versi 2.2 (Froyo : frozen yogurt ) --> butuh 5 bulan bagi google untuk melakukan regenerasi dari android eclair versi sebelumnya ke versi Froyo : frozen yoguhrt . Pada mei 2010 android versi 2.2 ini dirilis. sistem operasi dengan julukan ini melakukan beberapa update dan juga pembenahan seputar aplikasi serta tampilannya . keinginan untuk bisa menempatkan sebuah kartu ekspansi berbentuk slot micro SD berkapasitas besar sudah bisa diwujudkan oleh OS versi ini . aplikasi lainnya yang juga dilakukan perubahan adalah dukungan adobe 10.1 serta kecepatan kinerjanya yang jauh lebih baik hingga 5 X lebih cepat jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.
  • Android versi 2.3 ( gingerbread ) --> 7 bulan kemudian android kembali melakukan gebrakan dengan merilis kembali android versi 2.3 (gingerbread ) . Gingerbread ini berbeda dari sistem operassi sebelumnya dimana tampilan gingerbread jauh lebih atraktif dan sudah mampu mendukung fitur dual camera untuk melakukan video call . bukan hanya itu saja, android gingerbread juga mulai menkonsentrasikan kepada kemampuan untuk meningkatkan mutu aplikasi-aplikasi permainan ( games ) di dalamnya.
  • Android versi 3.0/3.1 ( honeycomb ) --> android versi ini dirilis pada bulai mei 2011. android honeycomb metupakan sistem operasi android yang tujuan memang dikhususkan bagi penggunaan tablet berbasis android. halaman pengguna ( user interface ) yang digunakan pada android versi ini  juga sangat berbeda pada android smartphone . hal tersebut tentu saja disebabkan oleh tampilan layar yang lebih besar pada tablet serta untuk mendukung hardware dengan spesifikasi yang lebih tinggi yang digunakan pada perangkat tersebut.
  • Android 4.0 (ICS : ice cream sandwich )--> android ini dirilis pada tahun yang sama dengan versi sebelumnya . kini android sandwich merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh para pengembang smartphone yang sudah memiliki nama besar seperti samsung, sony , acer dengan smartphone ICS barunya serta produsen-produsen kelas berat lainnya untuk digunakan pada fitur-fitur terbarunya. 
  • Android versi 4.1 ( j3lly bean ) --> android ini merupakan versi terbaru saat ini salah satu gadget yang menggunakan operasi ini adalah google nexus 7 yang di prakarsai oleh ASUS vendor asal taiwan yang juga metupakan teman satu kampung dengan Acer. fitur terbaru dari sistem ini salah satunya adalaah peningkatan on screen keyboard yang lebih cepat serta lebih responsif .pencarian data kontak dengan fitur voice search dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar: