Selasa, 19 Maret 2013

Pemrograman C++

Semester 4 ini kita akan belajar tentang pemrograman C++, untuk itu saya akan berbagi sedikit ilmu tentang apa itu C++
C++ adalah bahasa pemrograman komputer yang dibuat oleh (Bjarne Stroustrup) merupakan perkembangan dari bahasa C dikembangkan d Bell labs ( Deniss Ritchie ) pada awal tahun 1970'an  bahasa itu diturunkan dari bahassa sebelumnya yaitu BCL pada awalnya bahasa tersebut dirancang sebagai bahasa pemrograman yang dijalankan pada sistem UNIX  pada perkembangannya versi ANSI ( American National Standart instituts ) bahasa pemrograman C menjadi versi dominan.

Sejak tahun 1980 bahasa C banyak digunakan pemrograman di Eropa yang sebelumnya menggunakan bahasa B dan BCPL ( Basic Combined Programming languange ) . dalam perkembangannya bahasa c menjadi bahasa paling populer diantara bahasa lainnya seperti PASCAL, BASIC, FORTRAN.

C++ adalah bahasa pemrograman yang memiliki banyak dialek  seperti bahasa orang yang memiliki banyak dialek ,dalam C++ dialek bukan disebabkan oleh karena si pembicara berasal dari jepang atau indonesia melainkan karena bahasa ini memiliki banyak kompiler yang berbeda, ada 4 kompiler umum yaitu : C++ Borland, C++ Microsoft Visual, C/386 watcom dan DJGPP, anda dapat mendownload DJGPP atau munkin saja anda telah memiliki kompiler lain.

Setiap kompiler ini agak berbeda , setiap kompiler akan dapat menjalankan fungsi-fungsi standart C++ ANSI/ISO, tetapi masing-masing kompiler juga akan dapat menjalankan fungsi-fungsi nonstandart ( fungsi-fungsi ini , agak mirip dengan ucapan yang tidak standart yang di ucapkan orang di berbagai pelosok negeri , sebagai contoh di new Orlean kata median disebut neutral ground ). kadang-kadang pemakaian fungsi nonstandart akan menimbulkan masalah pada saat anda hendak mengkompilasi kode sumber data ( source code ) yaitu program berbahasa C++ yang ditulis oleh seorang programer menggunakan kompiler yang berbeda . tutorial ini tidak terlepas dari masalah seperti itu.

bila anda belum mempunyai sebuah kompiler  disarankan agar anda segera memiliki sebuah kompiler. sebuah kompiler sederhana sudah cukup untuk dipergunakan oleh anda dalam mengikuti tutorial ini.

Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa pemrograman yang berbeda  untuk kompiler C++ berbasis DOS akan memerlukan beberapa kata kunci (keyword) keyword sendiri tidak cukup untuk difungsikan sebagai input dan output . walaupun hampir semua fungsi dalam file library tampaknya bisa di akses oleh file header lainnya.  

Tidak ada komentar: