Jumat, 31 Mei 2013

Cara melancarkan pernapasan

Napas yang pendek dan tidur tak teratur dapat mengindikasikan adanya gangguan kesehatan tertentu. Misalnya Angina (Angina adalah nyeri pada dada akibat aliran darah yang kurang baik melalui pembuluh darah di jantung), hipertensi, nyeri di bagian dada, stroke, hingga asma. Untuk memperbaiki kualitas napas yang kurang baik, para ahli menganjurkan Anda untuk melakukan latihan pernapasan mendalam (deep breathing). Berikut tips-tipsnya:

1. Berolahraga
Tubuh yang bugar akan dapat membantu Anda mendapatkan asupan oksigen yang lebih baik untuk tubuh. Sempatkan diri untuk berolahraga tiga kali seminggu, dengan durasi setidaknya 30 menit.

2. Hindari Stres
Hindari situasi yang dapat memicu timbulnya stres secara berlebihan. Kebanyakan orang sesak napas berbarengan dengan tekanan depresi, entah karena beban pekerjaan atau masalah keuangan dan semacamnya. Segera cari solusi permasalahan Anda untuk mengurangi stres.

3. Makan Tidak Berlebihan
Makanlah secukupnya. Menyantap makanan dengan porsi berlebihan juga membuat Anda tidak dapat bernafas dengan lancar. Itu karena udara di paru-paru tertekan oleh kapasitas makanan dalam lambung, sehingga sirkulasi udara tidak masuk dengan lancar.

4. Tidur Pulas Tanpa Beban
Perhatikan kualitas tidur. Tidurlah dengan cukup, tidak kurang dari dari 6 jam dan tidak lebih dari 8 jam. Bila Anda sering tidak bisa bernafas dengan lancar saat tidur, coba berbaring menyamping. Hindari tidur terlentang.

5. Nafas Dari Hidung Lebih Sehat
Biasakan mengambil nafas dan mengembuskan nafas dari hidung, bukannya dari mulut. Bernafas dari hidung saat menghirup maupun melepas udara, memaksimalkan asupan oksigen dan pembuangan karbon dioksida.

6. Hindari Lingkungan yang Panas dan Pengap
Lingkungan yang panas dan pengap biasanya identik dengan rendahnya kadar oksigen. Sebaiknya kawasan sejuk dan rindang dikitari pepohonan identik dengan lancarnya pasokan oksigen yang dihasilkan pepohonan.

7. Stop Merokok
Berhentilah merokok, jika Anda adalah perokok, dan kurangi konsumsi minuman beralkohol. Kalau Anda merokok berarti nafas Anda tidak hanya menghirup oksigen saat bernafas tapi juga racun nikotin dari asap rokok.

8. Uji Pernafasan

Lakukan tes pernapasan secara berkala dan cobalah secara bertahap untuk meningkatkan kemampuan menahan napas Anda.

Tidak ada komentar: