Jumat, 23 November 2012

Microsoft office OneNote

Microsoft office OneNote adalah sebuah software untuk menulis catatan-catatan kecil atau materi-materi kuliah , jadwal kegiatan, planning mu untuk seminggu kedepan, untuk mencatat ide-ide yang datang secara tiba-tiba dan bahkan bahkan dapat digunakan seperti diary atau catatan sehari hari kamu . OneNote ini sama halnya sepeerti catatan elektronik atau binder atau notebook atau loose leaf, semua catatan yang kamu tulis dapat di organisir dan di managemen oleh software ini , sehingga kamu tidak lagi kesulitan mencari tulisan-tulisan penting kamu.

Microsoft office OneNote adalah program yang dikhususkan untuk keperluan pencatatan (note taking) berbeda dengan microsoft word yang merupakan program pengolah kata , dengan Onenote kamu mungkin bisa dengan mudah mencatat apa saja yang terlintas dipikiran dan mengelompokannya secara teratur. karena onenote mengorganisasi ide dengan baik.
mencatat pada aplikasi ini jauh lebih baik dari pada di text editor atau word processor

Onenote ini juga menyediakan fasilitas search , sehingga ketika kamu lupa dimana kamu menulis, misal : diary liburan kamu pada tahun lalu , kamu dapat menemukannya dengan mudah , kamu juga dapat menyisipkan foto atau dokumen lainnya dalam halaman kamu, selain itu kamu juga dapat mengedit tulisan kamu dengan warna , stabilo , coretan pensil warna dan fassilitas lainnya.untuk memperindah catatan-catatan kamu.

Ada juga fassilitas Screen Capture (icon dengan tulisan clip) yaitu memotret layar yang sedang tampil di monitor dengan cara diseleksi / di crop terlebih dahulu dan kemudian dijadikan format gambar (.png)
saat kamu selesai menulis dan akan keluar dari program ini kamu juga tidak perlu mensave atau menyimpan filenya karena onenote ini secara otomatis akan menyimpan halaman-halaman yang kamu buat. tinggal close saja nanti ketika kamu membuka kembali maka tampilan akan berada pada halaman terakhir yang kamu buat

berikut ini beberapa fitur dari OneNote
  • fassilitas insert-tag-to do --> yaitu sebuah check box (kotak kecil) di depan tulisan, dimana seperti jadwal ketika kita sudah selesai mengerjakannya maka kita bisa mencentang / men ceklis dalam check box tersebut., masih ada sekitar 30 fasilitas insert tag seperti tag- idea , tag - highlight dan lain sebagainya.
  • dikelompokan dalam tab dan halaman --> semua halaman dikelompokan dalam tab halaman ( disebut section) dan setiap tab dibagi lagi kedalam beberapa halaman ( disebut subsection)  ini untuk mengorganisir catatan-catatan ke dalam beberapa file dan halaman sehingga mempermudah pencarian.
  • setiap halaman bisa berisi banyak catatan --> dalam setiap halaman kita bisa membuat halaman sebanyak-banyaknya cukup klik dimana saja di halaman itu dan kita bisa mulai menulis, setiap catatan bisa digeser kemana saja kita mau sehingga posisi catatan menjadi sangat fleksibel tidak kaku seperti miccrosoftword.
  • bisa membuat outline --> kita bisa membuat outline dalam setiap catatan , ini berati untuk setiap baris item , kita bisa membuat catatan detailnya yang dapat ditampilkan atau disembunyikan . ini memudahkan mencatat dan mengembangkan ide , sehingga kita bisa melihat gambaran besar ataupun detail dengan mudah
  • semua catatan ada di satu tempat --> kalau kita menulis catatan di microsoft word lainnya maka akan ada banyak file-file dari setiap massing-masing catatan , ini akan menyulitkan kita mecatatanya karena kita harus mencari filenya terlebih dahulu dan membukanya, dengan OneNote semua catatan kita ada di satu tempat (atau lebih mudahnya semua catatan kita ada dalam satu buku) tidak tercecer ataupun hilang di tempat lain 
  • kamu tidak perlu save --> OneNote secara otomatis akan menyimpan semua catatan yang kita tulis secara otomatis tanpa perlu perintah save . ini memudahkan kamu menulis catatan secara cepat, dan ketika kita masuk kembali kita akan berada pada hlaman terakhir yang kita tinggalkan. 
Onenote ini merupakan satu wadah sama microsoft office jadi biasanya ketika kita menginstall ms.office maka secara otomatis onenote ini akan terinstal.
demikian informasi Microsoft office OneNote 2007 yang saya berikan semoga bermanfaat



Tidak ada komentar: