Jumat, 11 Januari 2013

Texmaker atau latex

Texmerupakan pengolah dokumen yang terutama di tujukan untuk menghasilkan dokumen yang berisi simbol matematik  . perangkat lunak ini di ciptakan oleh donald EKnut pada tahun 1977. sebagai bahasa pembentuk dokumen  ( document formatting languange ) . pada dasarnya teX di implementasikan dengan bahasa pascal , namun yang banyak dipakai pada saat ini adalah teXyang dituliskan dalam bahasa C, demikian juga perintah-perintah dalam bahasa teX yang digunakan saat ini sudah jauh berbeda dengan yang dirancang oleh knuth pada tahun 1977

Perankat lunak teX memiliki kemampuan yang baik untuk mengolah dokumen-dokumen yang berkualitas tinggi . namun demikian banyak pemakai yang memandang bahwa perintah-perintahnya sulit digunakan untuk menuliskan dokumen terstruktur yang terdiri dari unsur-unsur bab, subbab , tabel gambar bernomor dsb.

tahap-tahap instalasi latex. :


  1. buat folder baru di drive c dengan nama latex, folder ini berfungsi untuk menyimpan semua folder latex.
  2. instal ghoscript dengan cara melakukan double klik pada icn latex tersebut , lakukan pengaturan pada tahap "instals directory " ubah path dengan menekan tombol browse kemudian masuk masuk ke directory latex yang sudah dibuat sebelumnya , lanjutkan perintah sebelumnya hingga proses instalasi selesai.
  3. instal ghostview lakukan seperti tahap diatas.
  4. lanjutkan dengan menginstall basic-mixtek, biasanya untuk menginstall software ini membutuhkan waktu yang lebih lama dari software sebelumnya.
  5. install texmaker lakukan seprti tahap sebelumnya , selanjutnya kita dapat membuat file latex dengan caramembuka file latex.     

Tidak ada komentar: