Rabu, 03 Oktober 2012

Ilmu Grafologi di Indonesia

Apa itu grafologi? Ilmu ini tidak termasuk umum dan jarang di dengar di indonesia, kebanyakaan dari kita tidak mengetahui apa itu ilmu grafologi,padahal jika kita bisa telusuri lebih jauh, ilmu ini merupakan ilmu psikologi yang sangat menarik dan banyak fakta menarik yang bisa kita ambil.

Grafologi adalah tekhnik membaca atau menganalisa tulisan tangan, dengan hanya berbentuk tulisan kita bisa membaca dan menganalisa sifat, karakter dan watak seseorang, tentu saja tidak semua orang bisa membacanya karena dibutuhkan ilmu khusus untuk bisa menganalisa sebuah tulisan tangan. Ilmu ini bisa kita pelajari karena tidak memerlukan persyaratan khusus, siapa saja bisa mempelajarinya bahkan sekarang ini sudah ada sekolah yang mempelajari Grafologi seperti di Amerika
ISHA - International School of Handwriting Analysis (kantor pusat di USA).
ISHA merupakan sekolah grafologi ternama di dunia yang sistematika materinya (kurikulum pembelajarannya) sangat lengkap, sistematis dan sudah dipelajari oleh berbagai siswa dari  22 negara lebih. Selain itu, kurikulum pembelajaran ISHA diakui oleh berbagai sekolah dan institusi grafologi di dunia sebagai kurikulum terbaik, bahkan untuk kurikulum lanjutannya diakui sebagai kurikulum dengan memiliki sistem analisa grafologi tingkat advance terbaik  - (didalami di program kursus Master - SSS - Handwriting Analysis Course)



Betapa menyenangkannya bila kita bisa membaca karakter seseorang hanya lewat tulisan tangannya saja, bahkan teman yang baru kita kenal sekalipun, setiap coretan tangan, setiap hurufnya mempunyai arti penting, tidak hanya itu tingkat besar kecilnya huruf, kemiringan tulisan baik ke kiri maupun ke kanan memiliki makna tertentu dari kepribadian atau karakter seseorang tersebut.
tulisan tangan seseorang itu khas. Karakteristik bentuknya tidak bisa benar-benar ditiru oleh orang lain, tulisan tangan tidak hanya tulisan saja tetapi merupakan rangsangan perintah dari otak yang bersifat spontan dari pikiran kita. tulisan tangan bisa saja berubah tergantung dari kepribadian si pemilik tulisan,ilmu grafologi menganjurkan tulisan kita berbentuk tegak bersambung karena tulisan tegak bersambung merupakan tulisan yang bisa menyeimbangkan dan mengembangkan fungsi otak


Ada beberapa karakter dan goresan yang bisa digunakan untuk mengintip karakter seseorang. "Misalnya huruf o, i, atau t,". Perhatikan huruf "o" yang Anda buat. Jika tidak menutup sempurna pertanda Anda cenderung berbohong. Huruf "o" juga menguak seseorang apakah ia teliti atau tidak. Dari penulisan huruf "i" bisa ketahuan apakah seseorang peduli pada detail atau tidak. Sementara huruf "t" akan memberikan pembacaan soal kepercayaan diri. Tentu saja analisis tidak hanya melihat satu huruf saja. Aspek lain pun akan mempengaruhi penilaian karakter seseorang. di butuhkan beberapa kalimat atau pharagrap agar tulisan itu bisa di analisa dengan baik.

Ke akuratan grafologi bisa dinilai 90% akurat maka dari itu tulisan tangan patut di perhitungkan dalam menilai karakter seseorang. banyak sisi negatif yang tanpa sadar kita ketahui melalui tulisan tangan kita sendiri yang mungkin bisa kita perbaiki untuk kedepannya. Di Indonesia sendiri ilmu ini belum memiliki banyak peminatnya, tetapi saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan besar yang menggunakan jasa seorang Grafolog untuk menilai karakter dan sifat karyawan yang akan direkrutnya.di indonesia ada seorang grafolog yang namanya mulai di kenal di publik, Deborah dewi yang biasa di panggil Debo seorang grafolog yang sudah mahir dalam menganalisa tulisan tangan seperti yang sering beliau ungkapkan bahwa Grafologi mampu menjawab berbagai pertanyaan. hanwriting speaks louder than action.





Referensi:
http://intisari-online.com/read/grafologi-tulisanmu-watakmu
http://grafologiindonesia.


Tidak ada komentar: