Jumat, 12 Oktober 2012

Cara Menjadi Lebih Cerdas

Banyak orang bertanya-tanya bagaimana agar menjadi lebih pintar. Mereka ingin meningkatkan kekuatan daya otak mereka untuk membuat orang lain terkesan, seperti bos mereka (dengan harapan dapat promosi). Itu bagus dan  sebenarnya tidak sulit jika Anda tahu bagaimana untuk memulainya. Untungnya, ada banyak Cara Menjadi Lebih Cerdas.

1. Kurangi Menonton Televisi
Televisi adalah cara tercepat untuk membuat otak Anda menjadi lamban. Meskipun menyediakan berbagai pengetahuan untuk kita, tapi ada cara lain kok untuk mendapatkan informasi tersebut. Jangan salah paham, kami tidak mengatakan kalau Anda harus benar-benar menyingkirkan TV selamanya supaya pintar, kami hanya menyarankan agar mengurangi jumlah waktu yang Anda habiskan untuk menonton.
2. Olahraga
Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, olahraga juga membuat kita lebih cerdas. Anda lihat saja, berolahraga akan membuat Anda lebih produktif dan waspada. Anda akan memiliki energi dan konsentrasi yang lebih baik.
3. Membaca
Membaca adalah sarana untuk belajar. Alih-alih hanya membaca novel roman picisan dan majalah gosip, pertimbangkan juga untuk menghabiskan sedikit waktu membaca informasi yang lebih menantang. Pilih novel klasik, novel sastra atau buku tentang topik yang Anda sukai.
4. Tidur Cukup
Kita semua perlu istirahat lebih banyak. Tapi bukan berarti kita boleh kesiangan setiap pagi. Lebih baik Anda tidur sedikit lebih awal dari biasanya agar mendapatkan cukup istirahat. Tidur yang cukup akan membantu Anda berkonsentrasi dan menerima informasi lebih banyak sepanjang hari.

5. Merefleksikan Diri
Kita semua membutuhkan waktu untuk memproses semua pengalaman yang telah kita lalui. Dengan mengambil waktu sejenak setiap hari untuk merenungkan kejadian-kejadian terakhir dalam hidup akan membuat Anda lebih tanggap. Hal ini juga dapat membantu pikiran Anda lebih jernih dan tentunya, lebih cerdas.
6. Sekolah Lagi
Salah satu cara yang pasti untuk menjadi lebih cerdas adalah kembali ke sekolah. Apakah Anda ingin mendapatkan gelar S1? Atau menyelesaikan S3? Kembali lagi berkuliah bisa memberi Anda banyak pengetahuan.
7. Mengikuti Peristiwa Hangat
Mengikuti kejadian yang sedang berlangsung saat ini dan memahami hal-hal yang terjadi di dunia dan negara sendiri memberi Anda sesuatu untuk dibicarakan bila bertemu orang lain. Pahami betul-betul topik yang sedang hangat dibicarakan, bahkan jika Anda tidak setuju dengan pendapat orang lain mengenai topik tersebut, orang bisa melihat seberapa pintar diri Anda.

8. Perbanyak Kosakata
Kamus Indonesia memiliki 83.000 kata. Namun, kosakata yang kita tahu saat ini sangat terbatas. Untuk membangun kosakata dan belajar kata-kata baru Anda dapat melihat kata-kata dalam kamus, atau mulai menggunakan kalender kosakata yang memberikan kata baru setiap hari. Pelajari kata dan artinya, lalu coba untuk menggunakannya dengan benar dalam percakapan atau penulisan.
9. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan sehat meningkatkan fungsi otak. Mengkonsumsi diet yang seimbang, jangan melewatkan waktu makan, dan membuat pilihan makanan yang tepat akan membantu Anda menjadi lebih cerdas dan lebih sehat.


Seperti yang Anda lihat, ada banyak hal yang perlu kita lakukan untuk menjadi lebih cerdas. Membangun kecerdasan tidak hanya dengan menjejalkan sekelompok fakta trivia ke dalam otak Anda, tapi dengan meningkatkan kinerja otak dan konsentrasi. Menurut Anda, apalagi hal-hal yang bisa Anda lakukan agar menjadi lebih cerdas?
  
     
 
  
 

 

Tidak ada komentar: