Selasa, 11 Juni 2013

Minuman yang tidak boleh dikonsumsi obat

Seringkali dokter menyarankan kita untuk minum obat dengan air putih. Namun masih banyak orang yang meminumnya bersamaan dengan air teh atau minuman lainnya. Alasannya beragam, mulai dari untuk menghilangkan rasa obat yang pahit, mual, hingga getir di lidah. Lalu, apa dong yang membuat minuman lain tidak disarankan jika dikonsumsi dengan obat? Yuk, kita cari tau!

 1.  Kopi, Teh, dan Susu
Ketiga minuman ini memiliki sifat asam. Seperti yang kita ketahui bahwa asam dapat mengiritasi lambung dan menimbulkan efek samping pada obat-obatan tertentu. Contohnya, apabila kita meminum susu bersamaan dengan antibiotik tetrasiklin dapat mengganggu proses pertumbuhan dan pembentukan tulang serta gigi pada anak.

2. Jus Buah
Jus buah terdiri dari aneka senyawa yang kompleks dan dapat bereaksi terhadap berbagai macam obat, sehingga bisa memicu efek samping obat. Salah satu contoh buah yang paling banyak bereaksi terhadap obat adalah jeruk Bali yang sebagian besar efeknya adalah menurunkan kerja obat.

3. Minuman Bersoda
Susunan senyawa karbonat pada minuman soda dapat menimbulkan reaksi terhadap zat kimia yang terkandung di dalam obat-obatan. Reaksi yang ditimbulkan berupa efek samping yang bervariasi, seperti penurunan efek kerja obat, sehingga tidak optimal dalam menyembuhkan penyakit.

4. Minuman Beralkohol
Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat-obatan dengan jenis minuman ini karena senyawa pada alkohol dapat mengakibatkan reaksi negatif. Reaksinya antara lain, dapat meningkatkan ataupun mengurangi kerja obat. Sebagai contoh efek samping obat-obatan dapat meningkat seperti rasa kantuk yang berlebihan, gangguan kesadaran yang bersifat sementara maupun permanen, hingga mematikan.

Tidak ada komentar: