Networked enterprise
Telekomunikasi dan teknologi
jaringan bekerja dengan menggunakan internet dan merevolusi bisnis dan
masyarakat. Bisnis telah menjadi perusahaanberjaringan. Internet, web, intranet
dan ekstranet membentuk jaringan prosesbisnis dan karyawan secara bersamaan,
dan menghubungkan mereka dengan pelanggan, pemasok, dan pihak-pihak terkait
lainnya.
Tren telekomunikasi
Telekomunikasi adalah pertukaran
informasi dalam bentuk apapun (suara, teks,gambar, data, audio, video) melalui
jaringan berbasis komputer. Tren utama yang terjadi dibidang telekomunikasi
memiliki dampak yang signifikan terhadap keputusan manajemen dibidang ini.
Tren industri
Arena kompetitif bagi jasa
telekomunikasi telah banyak berubah dibanyak negara dalam beberapa tahun
terakhir. Industri telekomunikasi telah berubah dari monopoli yang diatur
pemerintah ke pasar yang telah mengalami deregulasi dengan pemasok yang
bersaing ketat dalam jasa telekomunikasi. Pertumbuhan yang pesat dari internet
dan WWW telah menimbulkan berbagai produk, jasa dan penyedia telekomunikasi.
Untuk menanggapi pertumbuhan ini, perusahaan-perusahaan telah meningkatkan
penggunaan internet dan web untuk kerjasama dan perdagangan elektronik.
Tren aplikasi bisnis
Perubahan dalam teknologi dan
industri telekomunikasi yang baru disebutkan menyebabkan perubahan yang
signifikan dalam penggunaan telekomunikasi didunia bisnis. Tren ke arah lebih
banyak pemasok, jasa, teknologi internet dan sistem terbuka serta pertumbuhan
yang pesat dari internet, www serta ekstranet dan intranet perusahaan secara
dramatis meningkatkan jumlah aplikasi telekomunikasi yang dapat digunakan.
Hasilnya, saat ini jaringan telekomunikasi memainkan peran penting dan meluas
dalam proses e-business berbasis web, e-commerce, kerja sama perusahaan dan
aplikasi bisnis lainnya yang mendukung tujuan strategis, manajemen, dan
operasional, baik di perusahaan besar maupun perusahaan kecil.
value pada jaringan telekomunikasi
Kemampuan Strategis
|
Contoh e-Business
|
Nilai Bisnis
|
Mengatasi halangan geografis:
Menangkap informasi mengenai transaksi bisnis dari lokasi yang jauh
|
Menggunakan internet dan ekstranet
untuk mengirim pesan pelanggan dari tenaga penjual yang melakukan perjalanan
ke pusat data perusahaan untuk pemrosesan pesanan dan pengendalian persediaan
|
Menyediakan layanan pelanggan
lebih baik dengan mengurangi penundaan dalam pemenuhan pesanan dan
memperbaiki arus kas dengan mempercepat penagihan ke pelanggan
|
Mengatasi halangan waktu: Menyediakan
informasi ke lokasi yang jauh segera setelah diminta
|
Otorisasi kredit pada saat penjualan
dengan menggunakan jaringan POS online
|
Permintaan kredit dapat dilakukan
dan dijawab dalam beberapa detik
|
Mengatasi halangan biaya: Mengurangi
biaya dari sarana komunikasi yang lebih tradisional
|
Konferensi video desktop antara
perusahaan dengan mitra bisnisnya dengan menggunakan internet, intranet dan
ekstranet.
|
Mengurangi perjalanan
bisnis yang mahal; memungkinkan pelanggan, pemasok, dan karyawan untuk
bekerja sama, sehingga memperbaiki kualitas keputusan yang dicapai
|
Mengatasi halangan structural:
Mendukung keunggulan kompetitif
|
Situs web e-commerce
bisniske- bisnis untuk transaksi dengan pemasok dan pelanggan dengan menggunakan
internet dan ekstranet
|
Layanan yang cepat dan nyaman
dapat mengunci pelanggan dan pemasok
|
Revolusi Internet
Pertumbuhan internet yang sangat
pesat adalah fenomena revolusioner dalam komputasi dan telekomunikasi. Internet
telah menjadi jaringan yang terbesar dan terpenting dari jaringan saat ini, dan
telah berevolusi menjadi jalan tol informasi (information superhighway) global.
Internet semakin meluas seiring dengan semakin banyaknya bisnis, organisasi,
komputer dan jaringan yang bergabung dengan web global ini. Internet tidak memiliki
pusat atau pusat telekomunikasi.
Bisnis menggunakan internet
Aplikasi seperti kerja sama
antara mitra bisnis, penyediaan dukungan pelanggan dan pemasok serta e-commerce
telah menjadi penggunaan bisnis utama dari internet. Perusahaan menggunakan teknologi
internet untuk pemasaran, penjualan, dan aplikasi manajemen hubungan pelanggan,
serta aplikasi bisnis lintas fungsi, dan aplikasi dalam bidang tekhnik,
manufaktur, sumber daya dan akuntansi.
Business Value pada internet
Kebanyakan perusahaan membangun
situs web e-business dan e-commerce untuk mencapai enam nilai bisnis utama:
Menghasilkan pendapatan baru
dari penjualan online
Mengurangi biaya transaksi
melalui penjualan online dan dukungan pelanggan
Menarik pelanggan baru melalui
iklan dan pemasaran web serta penjualan online
Meningkatkan loyalitas
pelanggan saat ini melalui perbaikan dukungan dan layanan pelanggan web
Mengembangkan pasar baru
berbasis web dan saluran distribusi untuk produk yang ada saat ini.
Mengembangkan produk baru
berbasis informasi yang dapat diakses di web.
Peran Intranet
1. Untuk memperbaiki komunikasi
dan kerja sama antar individu dan tim didalam perusahaan
2. Untuk mempublikasikan dan
berbagi informasi bisnis yang berharga dengan lebih mudah, tidak mahal, dan
efektif melalui portal informasi perusahaan dan situs web intranet serta
layanan intranet lainnya.
3. Untuk mengembangkan dan
menyebarkan aplikasi kritis untuk mendukung opersional bisnis dan pengambilan
keputusan.
Peran Ekstranet
Adalah menghubungkan sumber daya
intranet perusahaan dengan intranet pelanggan, pemasok, dan mitra bisnis
lainnya. Ekstranet dapat juga menyediakan akses ke database operasional
perusahaan dan sistem warisan (legacy) bagi mitra bisnis. Jadi ekstranet
menyediakan nilai bisnis yang signifikan dengan cara memfasilitasi dan
memperkuat hubungan bisnis perusahaan dengan pelanggan, pemasok, memperbaiki
kerja sama dengan mitra bisnis, dan memungkinkan pengembangan layanan jenis
baru yang berbasis web bagi pelanggan, pemasok, dan pihak lainnya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar