Selasa, 11 Juni 2013

Pelajaran Hidup

Pelajaran Hidup yang Harusnya Diajarkan di Sekolah, Hidup ini keras. Begitu kata banyak orang. Ini mungkin karena sejak kecil kita kebanyakan dijejali ilmu yang bersifat akademis, sehingga begitu lulus kuliah, banyak diantara kita yang terkaget-kaget ketika harus menghadapi kenyataan yang sebenarnya. Tidak ada buku cetak di sekolah yang mengajarkan cara memupuk sebuah persahabatan atau bagaimana menjadi orang yang bijak. Semua itu kita pelajari melalui trial dan errorseiring berjalannya waktu. Seandainya saja ada mata pelajaran khusus tentang pelajaran hidup di sekolah, mungkin kita bisa lebih siap. Berikut ini adalah 8 Pelajaran Hidup yang Harusnya Diajarkan di Sekolah agar bisa membantu kita lebih tegar menghadapi hidup.
1. Selalu Jujur Pada Diri Sendiri dan Orang Lain

Kejujuran adalah kualitas terbaik dalam diri manusia -- bahkan jika artinya kita harus berani ambil risiko. Jujurlah pada karakter Anda, perilaku, kepribadian dan kesalahan-kesalahan Anda. Jadilah diri sendiri. Pertahankan kejujuran tersebut ketika menghadapi orang lain, maka Anda akan dihargai sebagai orang yang punya integritas dan berprinsip.

2. Nilai Pelajaran dan Penghargaan Bukanlah Segalanya

Dapat nilai tertinggi di kelas dan mengoleksi piala penghargaan memang bagus ketika Anda berada di sekolah. Tapi sebenarnya, tidak satu pun dari pernak-pernik ini berarti apa-apa bagi orang lain di luar sana. Yang penting adalah, bahwa Anda tahu apa yang diperlukan untuk mencapai nilai tersebut dan mau menerapkan kerja keras Anda pada area lain dalam hidup Anda.

3. Cari Karier Atau Pekerjaan yang Anda Cintai

Salah satu pelajaran hidup pertama yang kita pelajari segera setelah meninggalkan bangku sekolah adalah, pekerjaan bagus tidak akan mendarat begitu saja di pangkuan kita. Semua orang menginginkan sebuah pekerjaan bergaji tinggi, tapi uang bukanlah segalanya. Anda akan menghabiskan banyak waktu dengan bekerja selama hidup Anda, jadi sangat penting untuk mencintai apapun yang Anda lakukan. Bahkan pekerjaan bergaji besar pada akhirnya hanyalah sebuah sarana untuk membayar tagihan dan membeli kebutuhan Anda -- jadi jangan biarkan pekerjaan menguasai segalanya dalam hidup Anda.

4. Jangan Takut Terlihat Bodoh

Apakah Anda takut mengajukan pertanyaan karena khawatir akan terlihat bodoh? Berikut ini salah satu pelajaran hidup yang paling penting -- Tidak ada orang yang tahu segalanya. Dan Anda hanya akan tampak lebih bodoh jika pura-pura mengerti tapi tidak bersedia mengajukan sebuah pertanyaan, bahkan jika ternyata jawabannya sangat simpel.

5. Jauhi Hutang

Sebuah nasihat sederhana yang seharusnya orangtua kita ajarkan sedini mungkin -- Jangan menghabiskan uang lebih banyak dari yang Anda hasilkan. Bicara sih gampang daripada prakteknya, ya. Tapi pada prakteknya kita seringkali terpikat oleh bank-bank yang kelihatannya ramah dan baik hati ketika menawarkan pinjaman murah dan kartu kredit, padahal sebenarnya yang mereka pedulikan hanyalah mencetak uang sebanyak-banyaknya (dan kalau bisa sekalian membuat Anda bangkrut).

6. Tidak Ada yang Berutang Apapun Pada Anda

Here's the truth -- Dunia tidak berutang hidup pada Anda. Anda tidak bisa begitu saja mendapatkan pekerjaan hebat, mengendarai mobil mewah atau pindah ke rumah impian Anda. Salah satu pelajaran hidup yang harusnya mereka ajarkan di sekolah adalah, bahwa Anda dapat memiliki segalanya yang Anda inginkan, asal Anda mau bekerja keras. Tidak ada yang akan menyuapi Anda begitu saja.

7. Miliki Teman Sejati

Anda bisa saja belajar keterampilan bersosialisasi melalui interaksi dengan teman-teman sekelas Anda, tetapi nilai sebuah persahabatan adalah salah satu pelajaran yang kita jarang didapatkan di sekolah. Seorang teman sejati sangat sulit ditemukan. Jadi pandai-pandailah memilih siapa teman sejati Anda. Mereka adalah orang-orang yang tidak menginginkan apa-apa dari Anda, tetapi akan memberikan segalanya saat dibutuhkan. Jadi janganlah iri dengan kesuksesan teman Anda, melainkan ikutlah berbahagia, karena jika mereka adalah teman sejati, mereka juga akan ikut senang ketika Anda sukses. Dan semua harta yang Anda miliki di dunia tak akan ada artinya tanpa seorang teman sejati di sisi Anda.

8. Selalu Bersiap Untuk Hal yang Tak Terduga

Hidup tidak selalu mulus. Anda boleh saja jungkir balik membuat rencana, tapi selalu siapkan plan B untuk berjaga-jaga seandainya rencana Anda gagal. Hidup ini tidak terduga, spontan, tapi kadang-kadang yang tak terduga itu malah lebih indah. Selamat datang di dunia nyata, you’re going to love it! :) 



Tidak ada tes akhir dalam Pelajaran Hidup, karena ujian sejati dimulai setelah Anda benar-benar terjun di dunia nyata. Seringkali tidak ada indikasi apakah Anda lulus atau gagal, karena kita semua mengukur keberhasilan dan prestasi sesuai dengan nilai-nilai kepribadian kita masing-masing. Yang terpenting adalah lakukanlah yang terbaik dan pastikan Anda bahagia melakukannya. 

Tidak ada komentar: